Persepsi Masyarakat Tentang Pelayanan Puskesmas Kota Depok, Provinsi Jawa Barat

Darmanto, and Tiesnawati, Wahyuningsih and Istianda, Meita (2008) Persepsi Masyarakat Tentang Pelayanan Puskesmas Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
meita-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persepsi masyarakat tentang layanan yang diberikan oleh Puskesmas Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini secara umum adalah mengetahui persepsi masyarakat tentang layanan yang diberikan oleh puskesmas Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Adapun dimensi yang akan diteliti mengenai layanan kepada masyarkat ditunjukkan dengan dimensi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat pengguna layanan yang pernah terdaftar sebagai pengguna layanan Puskesmas dalam satu tahun terakhir (tahun 2008), yang ada di Kota Depok. Adapun sampel diambil secara acak untuk masing-masing Kecamatan diambil sampel sebanyak 30 orang, sebanyak 6 Kecamatan dengan total sejumlah 6 Puskemas yang ada di Kota Depok. Data primer diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada para responden, sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengumpulkan dokumentasi yang terkait dengan layanan Puskesmas. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah serta dilakukan analisis dengan menggunakan SPSS dengan cara membuat tabel distribusi frekuensi guna melihat kecenderungan yang ada dalam data. Analisis terhadap hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Puskesmas Kota Depok pada umumnya dianggap cukup baik. Dari dimensi layanan yang diberikan kepada masyarakat oleh Puskesmas, maka Empathy (empati) merupakan dimensi yang dianggap baik. Sedangkan dimensi yang dianggap kurang baik adalah menyangkut Responsiveness (daya tanggap). Puskesmas yang dianggap mampu memberikan layanan secara baik kepada masyarakat adalah Puskesmas Kemiri Muka. Dengan demikian dibandingkan dengan Puskesmas lain yang ada di kota Depok, Puskesmas Kemiri Muka dianggap dapat memberikan layanan yang maksimal menyangkut aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Adapun Puskesmas yang dianggap kurang baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat adalah Puskesmas Cimanggis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): meita-24.pdf
Uncontrolled Keywords: Layanan, Layanan Puskesmas, Fasilitas Kesehatan
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Social Welfare, Problems and Services (Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:55
Last Modified: 11 Dec 2018 01:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item