Rantetasak, Bernat (2017) Kualitas Pelayanan Perizinan Trayek Angkutan di Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43260.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu, salah satunya yaitu Perizinan Trayek Angkutan. Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan dalam melakukan Pelayanan Publik, masih kurang Efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pemberian perizinan trayek angkutan, hambatan, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan pemberian perizinan trayek angkutan di Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Peneliti mengambil delapan informan yang terdiri dari Kepala bidang lalu lintas dan angkutan, Kepala seksi angkutan, Staf petugas pelayanan perijinan 2 orang, Pengusaha yang mengurus ijin trayek angkutan 2 orang dan Masyarakat yang mengurus ijin trayek angkutan dalam hal ini sopir angkutan 2 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan stndi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang perijinan trayek angkutan diketahui dari lima dimensi yang terdiri dari bukti fisik (tangible) Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan belum memenuhi fasilitas dalam hal ini sarana dan prasarana pelayanan yang belum memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, kehandalan (reliability)Pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan perijinan trayek angkutan di Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan sudah memuaskan masyarakat petugas pelayanan menangani setiap keluhan masyarakat handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan, daya tanggap (responsiveness) Petugas pelayanan perijinan trayek angkutan berkomunikasi baik dengan para pengnrns trayek angkutan dan petugas membantu kesulitan yang dialami oleh pengunjung, jaminan (assurance) Pihak Dinas Perhubungan telah memberikan rasa aman kepada setiap pengunjung dalam hal ini menempatkan tukang parkir yang ikut mengamankan keadaan di parkiran, empati (empathy) Petugas Pelayanan Perijinan Trayek angkutan memberikan kesan yang menyenangkan menerangkan sejelas jelasnya mengenai prosedur pelayanan dan menerima kritik dan saran dengan sepenuh hati. Kendala yang dihadapi terkait sarana dan prasarana, sumber daya aparatur dan kesadaran magyarakat. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan yaitu penambahan sarana dan prasarana, penambahan pegawai, dan program penyuluhan/sosialisasi kepada masyarakat.
Actions (login required)
View Item |