Yanti, Erni (2017) Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43279.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
Rumah Sakit Umum Nunukan adalah satu-satunya rumah sakit yang berada di Nunukan. Rumah sakit sangat diharapkan dalam memberikan pelayanan berkualitas bagi masyarakat. Seiring dengan meningkatnya iptek juga semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan layanan yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari persepsi masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh RSUD Kab. Nunukan. Masih banyak keluhan yang masuk masyarakat di kotak saran, media sosial tentang layanan yang diberikan di ruang rawat inap. Kunjungan pasien di ruang rawat inap masih kurang terlihat dari tingkat BOR (Bed Occupancy Rate) sebesar 30% -44%, dan Indeks Kepuasan Masyarakat (lKM) yang cenderung menurun setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas layanan, serta menganalisis faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pelayanan di bangsal rawat inap RSUD Kab.Nunukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 20 pasien keluarga informan di rumah sakit dan petugas kesehatan dan manajemen RSUD. Mengambil informan dengan teknik accidental. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan di bangsal rawat inap RSUD Kabupaten Nunukan dilihat dari 5 aspek, antara lain: tangiables, Reliability, responsivenes, assurance, empathy, yang cukup baik. Kemudian faktor pendukung dan penghambat di ruang layanan rawat inap Rumah Sakit Umum Nunukan. Pengelolaan RSUD Kabupaten Nunukan berupaya memperbaiki kualitas pelayanan dari lima aspek tersebut, baik itu dalam penyempurnaan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan lain-lain. Kemudian pengelolaan RSUD Kab. Nunukan juga berusaha mengetahui faktor-faktor yang mendukung kualitas pelayanan, dan dapat mengatasi faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan kepada masyarakat. Mengatasi masalah ini memerlukan pengawasan atau pengawasan langsung manajemen, sehingga memberikan reward dan punishment kepada semua pihak. penyedia jasa. Hal ini juga membutuhkan komitmen berbagai pihak untuk memberikan dukungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai standar yang telah ditetapkan.
Actions (login required)
View Item |