Optimalisasi Penyelenggaraan Analisis Jabatan pada Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Utara

Noviaty, Rizka (2017) Optimalisasi Penyelenggaraan Analisis Jabatan pada Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43391.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekretariat DPRD Prov. Kaltara merupakan OPD yang bertugas sebagai unsur pendukung terhadap seluruh kegiatan DPRD, serta memfasilitasi seluruh kegiatan anggota DPRD. Untuk dapat melaksanakan seluruh kegiatan anggota DPRD, maka dibutuhkan tenaga SDM yang berkualitas. Namun kebijakan moratorium CPNS yang masih diberlakukan oleh MENPANRB hingga saat ini, membuat pemerintah tidak dapat melakukan penerimaan CPNS sesuai dengan yang dibutuhkan, dan dengan jumlah staf yang ada di sekretariat DPRD saat ini, masih bekerja secara tumpang tindih. Terkendalanya keterbatasan SDM yang tersedia dengan beban kerja yang dilaksanakan menjadi hambatan yang tidak dapat dipungkiri. Selain itu, pada setiap bagian bidang, staf tersebut memiliki. kemampuan individu yang berbeda-beda, sehingga beban kerja yang diberikan setiap orang menjadi tidak seimbang. Untuk mendapatkan SDM yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perangkat daerah, maka dibutuhkan analisis jabatan agar ASN yang bekerja dibawah lingkup organisasi pemerintahan dapat secara optimal dalam melakukan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penyelenggaraan dan faktor penghambat analisis jabatan pada sekretariat DPRD Prov. Kaltara. Penelitian ini menggunakan teori Harsono (2010) sebagai dasar dalam penulisan penelitian, dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dengan jumlah informan sebanyak 5 informan. Adapun deskripsi instrumen penelitian terdiri dari 2 data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer berupa wawancara dan dokumentasi, sedangkan sekunder yaitu data yang disajikan pada saat peristiwa terjadi, serta dokumen atau arsip dan gambaran umum mengenai sekretariat DPRD Prov. Kaltara. Optimalisasi penyelenggaraan analisis jabatan yang ada di Sekretariat DPRD Prov. Kaltara, telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang berlaku, meskipun masih terdapat beberapa hambatan yang menyebabkan penyelenggaraan analisis jabatan belum berjalan dengan baik. Faktor-faktor penghambat dalam optimalisasi penyelengaraan analisis jabatan, seperti kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan penempatan kerja, dapat diatasi dengan memberikan pelatihan atau diklat kepada staf, sehingga mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan yang telah disesuaikan dengan penempatan kerja yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43391.pdf
Uncontrolled Keywords: analisis jabatan, SDM, job analysis, HR
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.306 Job Analysis (Analisa Pekerjaan Manajemen Personalia)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31424 Promotion - Personnel Management (Promosi Jabatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Dec 2018 02:24
Last Modified: 28 Feb 2019 04:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item