Analisis Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinetja Guru Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Hiliduho

Herefa, Onangego (2015) Analisis Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinetja Guru Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Hiliduho. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru adalah hasil kerja yang dicapai oleh seseorang guru dalam periode waktu tertentu yang dinilai berdasarkan kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditentukan oleh suatu sekolah.Gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah sebagai pola atau bentuk dari suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorangkepala sekolah dalam mempengaruhi perilaku orang lain dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.Disiplin kerja bagi seorang guru adalah ketaatan dan kepatuhan guru dalam melaksanakan tugas mengajar kepada peserta didik dengan sungguh-sungguh, taat dan patuh terhadap peraturan dan norma-norma yang telah ditetapkan oleh sekolah serta penuh tanggung jawab berdasarkan ketentuan yang berlaku.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis pengaruh pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan HiliduhoSetelah dirumuskan hipotcsis sesuai judul tersebut maka dilanjutkan kepada pengujian hipotesis. Untuk menguji hipotesis itu. metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Kemudian, data ditabulasi dan dianalisis menggunakan analisis jalur dengan alat bantu komputerisasi program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Hiliduho sebesar 0,205 dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Hiliduho sebesar 0,491. Hasil implikasi riset ini bisa dipergunakan untuk kepala sekolah, pengambil kebijakan di kabupaten nias dan peneliti lainnya yang ingin mengembangkan penelitian ini. lmplikasinya adalah dengan melihat hasilnya penelitian maka guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Hiliduho harus meningkatkan kinerja mereka salah satu caranya dengan meningkatkan ketaatan dan kepatuhan pada disiplin yang telah ditetapkan di sekolah tersebut. Demikian juga kepala sekolah lebih meningkatkan gaya kepemimpinannya dengan memperhatikan situasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42013.pdf
Uncontrolled Keywords: Principal Leadership Style perception, Discipline working and teacher performance, Persepsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Dan Kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:17
Last Modified: 15 Apr 2016 03:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item