Bintarti, Arifah (2016) Peran Tutorial Online Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Dalam Upaya Meningkatkan Pemanfaatan Media Komunikasi Pendidikan Yang Berkeadilan. In: Open society conference, social and political challenges in industrial revolution 4.0 (BNBB), 15 November 2018, UTCC.
|
Text
FISIP201601-32.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (968kB) | Preview |
Abstract
Dalam institusi pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ), ada beberapa media yang dapat digunakan dalam proses pembelajarannya, seperti media cetak yang merupakan media utama, radio, televisi, video, serta media komputer berbasis jaringan internet yang di UT sekenal dengan nama media layanan belajar tutorial online (tuton).Saat ini Universitas Terbuka (UT) sudah menyelenggarakan layanan pembelajaran tuton tersebut. Semua matakuliah yang ditawarkan pada program studi S-1 Ilmu Komunikasi telah dilengkapi dengan sarana layanan belajar tuton tersebut. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk memberikan layanan tutorial yang berkeadilan kepada mahasiswnya. Dan salah mata kuliah yang ditutonkan adalah tuton tugas akhir program (TAP) SKOM4500. Namun sayang belum banyak mahasiswa yang menggunakan layanan tuton tersebut. Penelitian ini membahas bagaimana karakteristik demografi mahasiswa pengguna tuton TAP SKOM 4500 pada masa registrasi 2014.2 dan faktor faktor apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengevaluasi kualitas tuton tuton TAP SKOM4500. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan teknik survey. Penelitian ini dilaksanakan pada masa tuton 2014 semester dua, dengan populasi sebesar 121 responden dan sampel sebesar 40 responden. Hasil analisis mendiskripsikan bahwa mayoritas responden yang berpartisipasi pada tutorial online pada mata kuliah SKOM4500 berimbang antara laki-laki dan perempuan, dari aspek umur adalah berada pada kategori umur 21-30 tahun, dilihat dari asal UPBJJ partisipasi tertinggi dari UPBJJ Jakarta dan UPBJJ Batam, Dilihat dari IPK responden peserta tuton berkisar 2,50. Dari aspek dari kualitas penyajian, kualitas media, kualitas substansi, serta kualitas tutor masih berada pada level sedang.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | FISIP201601-32.pdf |
Uncontrolled Keywords: | PTTJJ, Tuton, TAP SKOM4500, kualitas |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FHISIP-UT 2016 |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 03:00 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 03:00 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8014 |
Actions (login required)
View Item |