Analisis Kinerja Pelayanan Jasa Pelabuhan Pada Pelabuhan Serui Kabupaten Kepulauan Yapen

Rumatora, Andre Murphy (2017) Analisis Kinerja Pelayanan Jasa Pelabuhan Pada Pelabuhan Serui Kabupaten Kepulauan Yapen. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43137.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan Jasa kepelabuhanan merupakan pelayanan yang dilakukan di wilayah pelabuhan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Pelayanan jasa ini diberikan oleh Kantor Administrasi Pelabuhan, perusahaan bongkar muat, PT. Pelni, PT. Pelindo dan unit-unit lain yang berada di wilayah kepalbuhanan tersebut. Pelayanan jasa ini dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh berbagai faktor yang ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan jasa pelabuhan antara lain adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari sumber daya, struktur internal dan kepemimpinan sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor kompetisi dan tekonologi. Masing-masing faktor tersebut memiliki pengaruh terhadap hasil pelayanan jasa yang ada, tinggi dan rendahnya kualitas pelayanan jasa pelabuhan di pengaruhi oleh efektifitas kerja dari faktor tersebut. Tujuan penelitian pelayanan jasa kepelabuhanan adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan jasa yang terjadi di pelabuhan serui, faktor-faktor apa saja yang mempengerahui pelayanan jasa, serta bagaimana upaya untuk meningkatkan pelayanan jasa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif sehingga dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan, faktor dan upaya peningkatan pelayanan jasa yang telah terjadi di pelabuhan serui. Beberapa faktor yang telah dilaksanakan secara baik, namun juga terdapat faktor yang belum terlaksana dengan baik. Ini dapat diukur dari aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan produk-produk fisik yang mendukung kinerja jasa pelayanan di pelabuhan Serui. Sehingga diperlukan upaya-upaya dalam rangka memperbaiki kinerja pelayanan tersebut dalam rangka peningkatan jasa pelayanan pelabuhan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43137.pdf
Uncontrolled Keywords: meritorious service, qualitative methods, internal factors, external factors, port of Serui,Jasa Pelayanan, Metode Kualitatif, Faktor Internal, Faktor Eksternal,Pelabuhan Serui
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Mar 2019 09:30
Last Modified: 29 Apr 2019 04:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item