Ningrat, R. Retiyanti Ria (2017) Analisis Komparatif Kinerja Guru Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Kompetensi Guru. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43374.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja guru sekolah dasar (SD) berdasarkan latar belakang pendidikan guru dan prestasi uji kompetensi guru. Metode survey dilakukan kepada guru-guru SD di Gugus I 0 Kecamatan Pamulang. Sampel penelitian diambil secara stratified random sampling sejumlah 80 guru dari total guru SD 266 guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil perhitungan kuesioner dalam skala ordinal diubah ke skala interval dengan menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Data penelitian hasil perhitungan kemudian dianalisis dan diuji menggunakan analisis varian (ANAVA) Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( l) terdapat perbedaaan kinerja yang signifikan antara kelompok guru berlatar belakang pendidikan linier PGSD dengan kelompok guru berlatar belakang pendidikan non linier PGSD hal ini dibuktikan dengan nilai [Fhitung kolom > Fiabel (3,967 > 2,7250)); (2) adanya perbedaan kinerja yang signifikan antara kelompok guru berprestasi uji kompetensi tinggi dengan kelompok guru berprestasi uji kompetensi guru rendah [Fhitung baris > Ftabel (312,311 > 2,725)); (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan prestasi uji kompetensi terhadap kinerja guru SD [Fhitung > F1abel (156,364 >2,725)).
Actions (login required)
View Item |