Analisis Komparatif Kinerja Guru Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Kompetensi Guru

Ningrat, R.Retiyanti Ria (2017) Analisis Komparatif Kinerja Guru Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Kompetensi Guru. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43374.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja guru sekolah dasar (SD) berdasarkan latar belakang pendidikan guru dan prestasi uji kompetensi guru. Metode survey dilakukan kepada guru-guru SD di Gugus I 0 Kecamatan Pamulang. Sampel penelitian diambil secara stratified random sampling sejumlah 80 guru dari total guru SD 266 guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil perhitungan kuesioner dalam skala ordinal diubah ke skala interval dengan menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Data penelitian hasil perhitungan kemudian dianalisis dan diuji menggunakan analisis varian (ANAVA) Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( l) terdapat perbedaaan kinerja yang signifikan antara kelompok guru berlatar belakang pendidikan linier PGSD dengan kelompok guru berlatar belakang pendidikan non linier PGSD hal ini dibuktikan dengan nilai [Fhitung kolom > Fiabel (3,967 > 2,7250)); (2) adanya perbedaan kinerja yang signifikan antara kelompok guru berprestasi uji kompetensi tinggi dengan kelompok guru berprestasi uji kompetensi guru rendah [Fhitung baris > Ftabel (312,311 > 2,725)); (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan prestasi uji kompetensi terhadap kinerja guru SD [Fhitung > F1abel (156,364 >2,725)).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43374.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher performance, teacher education. linear education, teachers'competency test, high competence, low competence, Kinerja guru, pendidikan guru, pendidikan linier, uji kompetensi guru, kompetensi tinggi, kompetensi rendah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:48
Last Modified: 27 Mar 2019 02:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8101

Actions (login required)

View Item View Item