Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yasina Cigombong Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2015/2016

Adawiah, Vida (2017) Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yasina Cigombong Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43436.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan dan realisasi dalam pengelolaan keuangan di SMK YASINA Cigombong tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke lokasi penelitian dan wawancara responden penelitian yang telah ditentukan. Responden penelitian ini adalah Ketua Yayasan, Komite, para Wakil Kepala, bendahara rutin, bendahara BOS, Operator sekolah, Kepala Program, Kepala Sub-bagian tata usaha, Guru-guru, yang telah aktif minimal satu tahun serta terlibat dalam proses penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). Siswa, orangtua siswa, dan alumni SMK YASINA Cigombong tahun ajaran 2015/2016 termasuk dalam responden penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis biaya sekolah, analisis sumber dan penggunaan dana pendidikan, analisis SWOT, dan analisis rasio keuangan. Hasil perhitungan analisis biaya sekolah, besaran SPP yang dibebankan pada wali murid tidak sesuai dengan perencanaan maupun realisasi perhitungan SPP rerata. Hal ini menimbulkan deviasi yang signi:fikan dan menunjukkan bahwa SMK YASINA kekurangan dana karena terdapat kesenjangan antara kebutuhan dan penerimaan. Hasil perhitungan analisis sumber dan penggunaan dana, persentase terbesar sumber dana yaitu dari dana BOS dan dana SPP. Hal ini menunjukkan penyelenggaraan pendidikan di SMK YASINA tergantung pada sumber dana utama tersebut. Pada alokasi dana BOS, terdapat komponen yang rutin dilaksanakan kegiatannya namun tidak dianggarkan. Dari hasil perhitungan analisis SWOT, sarana prasarana sekolah belum memadai ditunjukkan dengan data fasilitas yang tersedia. Siswa maupun alumni masih minim prestasi sehingga nama baik sekolah belum terangkat di masyarakat. Hal ini menunjukkan kelemahan yang dimiliki SMK YASINA Cigombong. Pada realisasi biaya langsung dan biaya rutin langsung terdapat deviasi, menunjukkan bahwa anggaran belum terealisasi seluruhnya. Dari hasil perhitungan analisis rasio keuangan, menunjukkan bahwa realisasi kegiatan sekolah belum mencapai 100%, artinya perencanaan sekolah belum sepenuhnya dapat dilaksanakan karena terhambat oleh dana yang tidak memadai dan keterlambatan penerimaan dana rutin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43436.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan Sekolah, Perencanaan Anggaran, Realisasi anggaran
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.4 - 336.9 Public Finance of Specific Localities (Keuangan Negara di Lokasi Spesifik)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.15 Financial Management (Manajemen Keuangan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Keuangan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:04
Last Modified: 15 May 2019 02:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item