Strategi Pengembangan Usaha Abon Lele Sangkuriang Di Kabupaten Bandung

Sudarsono, Dodo (2017) Strategi Pengembangan Usaha Abon Lele Sangkuriang Di Kabupaten Bandung. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43150.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor internal dan ekstemal yang mempengaruhi pengembangan usaha abon lele sangkuriang di Kabupaten Bandung, merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha abon lele sangkuriang di Kabupaten Bandung dan menentukan strategi prioritas untuk pengembangan usaha abon lele sangkuriang di Kabupaten Bandung, fokus penelitian pada 3 kelompok pengolah dan pemasaran abon lele sangkuriang di Kecamatan Banjaran, Pacet dan Cileunyi. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Analisis data menggunakan SWOT dan dilanjutkan dengan analisis AHP menggunakan aplikasi expert choice 11,0. Kondisi pengolah dan pemasaran abon lele sangkuriang di Kabupaten Bandung pada aspek ekonomi memiliki kelayakan usaha dengan B/C rasio sebesar 1,49 sampai 1,67;kelembagaan kelompok mencapai kelas pemula dan madya; teknis produksi abon lele sesuai standard, kapasitas produksi sebanyak 240 kg sampai 600 kg Tahun 2015 serta legalitas keamanan yang dimiliki secara lengkap hanya sertifikat PIR T serta hanya satu kelompok memiliki sertifikat Halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 alternatif strategi dalam pengembangan usaha abon lele sangkuriang di Kabupaten Bandung, yaitu 1) pemasaran abon lele sangkuriang secara online; 2) fasilitasi pemasaran abon lele sangkuriang secara berkala; 3) pemisahan tempat pengolahan abon lele sangkuriang dengan tempat tinggal; 4) integrasi budidaya dengan pengolahan abon lele sangkuriang; 5)peningkatan kompetensi akses informasi dengan internet; 6) fasilitasi sertifikasi legalitas keamanan pangan; 7) pengolahan abon lele sangkuriang tanpa limbah dan 8) promosi abon dan aneka olahan lele sangkuriang. Sementara prioritas pertama strategi pengembangan usaha abon lele sangkuriang di Kabupaten Bandung adalah pemasaran abon lele secara online.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43150.pdf
Uncontrolled Keywords: Processing Enterprises , Fish Flos Sangkuriang Catfish , Strategy Development, Usaha Pengolahan, Abon Lele Sangkuriang, Strategi Pengembangan
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Perikanan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:37
Last Modified: 09 Apr 2019 07:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8155

Actions (login required)

View Item View Item