Strategi Komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Dalam Diseminasi Program Generasi Berencana (Genre)

Fitria, Musthofa Salya Bhara (2017) Strategi Komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Dalam Diseminasi Program Generasi Berencana (Genre). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43361.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Masa remaja adalah masa yang rentan terhadap ancaman narkoba dan seksualitas yang berpotensi mengganggu transisi menuju masa dewasa. BKKBN merespon permasalahan remaja tersebut dengan memunculkan program Generasi Berencana (GenRe). Pelaksanaan program GenRe mengalami banyak kendala, dilihat dari tingkat pengetahuan masyarakat yang masih rendah. Implementasi kebijakan program GenRe mengalami kendala dari sisi struktur birokrasi,sumberdaya, disposisi/kecenderungan, dan komunikasi. Komunikasi adalah komponen yang pelaksanaannya dapat dilakukan oleh Perwakilan BKKBN di tingkat Provinsi. Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah dalam diseminasi program GenRe. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Strategi komunikasi Perwakilan BKKBN Jawa Tengah dalam diseminasi program GenRe dilakukan dengan menetapkan sasaran,penyusunan pesan, memilih saluran/media, dan menentukan komunikator. Sasaran diseminasi program GenRe adalah remaja secara umum maupun remaja dengan kriteria tertentu sebagai sasaran spesifik. Pesan yang disusun untuk remaja secara umum berupa pesan-pesan informatif, dan persuasif, sedangkan untuk sasaran spesifik berupa pesan edukatif. Saluran yang digunakan untuk pesan-pesan informatif dan persuasif dalah melalui media luar ruang (baliho, mural, alat peraga)dan media internet (media sosial); sedangkan saluran untuk pesan edukatif adalah melalui media internet (media sosial), media cetak (buku, leaflet, poster), dan dengan saluran komunikasi langsung. Komunikator yang berperan dalam kegiatan diseminasi berasal dari internal maupun eksternal Perwakilan BKKBN. Strategi yang terbaik hendaknya yang paling efektif dalam penyampaian pesan, sekaligus efisien dalam penggunaan sumberdaya, baik waktu, tenaga, dan biaya. Pemanfaatan internet khususnya melalui media sosial efisien karena tidak membutuhkan waktu panjang dalam produksi pesannya, tidak membutuhkan banyak personel dalam pengelolaan, berbiaya relatif murah dibandingkan dengan jenis media lainnya. Pemanfaatan internet efektif karena dapat menjangkau banyak sasaran yang tidak terbatas wilayah, tidak terbatas waktu, pesan mudah disebarkan ulang sehingga menjalar. Pemanfaatan media internet oleh Perwakilan BKKBN Jawa Tengah untuk diseminasi programgenre sudah dilakukan namun masih belum maksimal. Strategi pemilihan media dengan menggunakan media internet adalah strategi yang layak menjadi pertimbangan Perwakilan BKKBN Jawa Tengah untuk dilaksanakan secara serius pada masa kedepannyu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43361.pdf
Uncontrolled Keywords: Communication Strategies, Dissemination, BKKBN, GenRe ProgramStrategi Komunikasi, Diseminasi, BKKBN, Program GenRe
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.96 Birth Control, Family Planning (Pengaturan Kelahiran, Pembatasan Kelahiran, Keluarga Berencana, KB)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Apr 2019 08:07
Last Modified: 10 Apr 2019 08:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item View Item