Sufriadi, (2017) Implementasi Kebijakan Pelayanan Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau (Studi Musim Haji 1436 H/2015 M). Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43217.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendiskripsikan implementasi kebijakan pelayanan haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan juga mengidentifikasi,; faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi kehijakan pelayanan haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang bertujuan menggambarkan keadaan tertentu. Penelitian ini terfokus pada tugas dan fungsi Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan, antara lain teknik wawancara yaitu teknik pengumpulan data melalui tanya jawab langsung dengan narasumber (key informants), teknik observasi yaitu mengamati objek oleh peneliti secara langsung, dan yang ketiga teknik studi dokumen dan studi pustaka. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah beserta dua orang stafuya. Dari basil penelitian diperoleh data bahwa impelementasi UU NO. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji pada Kantor Kementeran Agama Kabupaten Karimun berjalan dengan baik dan berhasil. Dilihat dari dimensi kepatuhan, rutinitas fungsi serta kinerja dan dampak, walaupun terdapat sikap kurang disiplin dalam pelayanan. Selanjutnya ada,beberapa faktor yang menghambat proses implementasi kebijakan pelayanan haji, yaitu belum adanya aturan yang secara rinci persyaratan pelayanan haji, rendahnya disiplin dan kemampuanlketerampilan pegawai termasuk kuantitasnya serta fasilitas pendukung. Adanya jalur birokrasi yang berbelit dalam prosedur pendaftaran haji serta faktor usia jamaah haji yang sudah lanjut dan daya tangkap yang rendah menyebabkan jamaah tidak melaksanakan rukun haji sesuai sunah dan ketentuan Agama Islam. Dengan demikian disimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan Pelayanan Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun sudah baik, hanya dibutuhkan solusi terkati faktor-faktor yang menghambat tersebut.
Actions (login required)
View Item |