Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Bersama Samsat Rantauprapat

Rahman, Fadhur (2013) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Bersama Samsat Rantauprapat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41320.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kesadaran publik akan hak-haknya pada saat ini telah meningkat, publik menginginkan kualitas pelayanan yang prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara sistem dan prosedur, kemampuan dan ketrampilan petugas serta sarana dan prasarana pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan wajib pajak pada Kantor Bersama Samsat Rantauprapat. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak sesuai data tahun 2012 berjumlah 43.200 wajib pajak, dengan jumlah sampel sebanyak 110 wajib pajak yang diwawancarai dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t untuk menguji pengaruh secara parsial, uji F untuk menguji pengaruh secara simultan. Berdasarkan uji t, nilai thitung lebih besar dari ttabel untuk keseluruhan variabel dan nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05. Sistem dan prosedur mempunyai nilai thitung > ttabel yaitu 2,233 > 1,66 dan signifikasi 0,028 < 0,05. Kemampuan dan ketrampilan petugas mempunyai nilai thitung > ttabel yaitu 5,838 > 1,66 dan nilai sigifikasinya sebesar 0,00 < 0,05. Sarana dan prasarana pelayanan mempunyai nilai thitung > ttabel yaitu 3,658 > 1,66 dan signifikasi 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sistem dan prosedur, kemampuan dan ketrampilan petugas serta sarana dan prasarana pelayanan secara parsial terhadap kepuasan wajib pajak. Berdasarkan uji F, nilai Fhitung > Ftabel = 305,262 > 2,70 dan nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sistem dan prosedur, kemampuan dan ketrampilan petugas serta sarana dan prasarana pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan wajib pajak. Nilai koefisien determinasi diperoleh adalah 89,3 %. Ini menunjukkan bahwa sistem dan prosedur, kemampuan dan ketrampilan petugas, serta sarana dan prasarana pelayanan mempengaruhi kepuasan wajib pajak sebesar 89,3 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41320.pdf
Uncontrolled Keywords: system and procedures, ability and skill officers, facilities and infrastructure services, and gratification taxpayers, sistem dan prosedur, kemampuan dan ketrampilan petugas, sarana dan prasarana pelayanan, dan kepuasan wajib pajak
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:03
Last Modified: 04 Aug 2016 02:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item