Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Sertifikat Tanah Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah

Feranika, Ika (2018) Kinerja Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Sertifikat Tanah Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43462.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sebagai salah satu instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik, penilaian kinerja pelayanan menjadi sangat penting. Kurangnya sumber daya manusia yang ada menjadi masalah penting dalam menyelenggarakan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kinerja pelayanan administrasi sertiftkat tanah pada Kantor Pertanahan kabupaten Aceh Tengah, dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kinerja pelayanan pada Kantor pertanahan kabupaten Aceh tengah. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis kinerja pelayanan administrasi sertiftkat tanah pada kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah, dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan administrasi sertiftkat tanah pada Kantor pertanahan Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan melakukan wawancara dengan informan yang dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan, dan sumber-sumber tertulis. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa deskriftif kualitatif yang mengacu pada indikator kinerja yaitu responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, produktivitas dan kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator responsivitas kantor Pertanahan Kabupaten Aceh tengah dikatagorikan baik, indikator responsibilitas dikatagorikan rendah, indikator akuntabilitas dapat dikatagorikan tinggi, indikator produktivitas menunjukkan rata-rata penyelesaian sertiftkat selama 4 tahun 98,89% dari jumlah permohonan dan dapat dikatagorikan produktif sedangkan dilihat dari indikator kepuasan kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah masih relatifrendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh tengah masih relatif rendah. Selanjutnya dilihat dari faktor penghambat kinerja pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah adalah kurangnya sumber daya manusia sehingga adanya pekerjaan rangkap dan faktor lainnya adalah disebabkan oleh kelengkapan berkas klien itu sendiri yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43462.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pelayanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, produktivitas dan kepuasan pelanggan, Service performance, responsiveness, responsibility, accountability, productivity and satisfaction customer.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.3-351.9 Public Administration in Specific Localities (Administrasi Negara di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.2 Organization of Public Administration (Organisasi Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:11
Last Modified: 15 Apr 2019 08:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item