Ainun, Syaripah (2017) Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43223.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang berdasarkan masih banyaknya penduduk di Kabupaten Sintang yang belum memiliki KTP Elektronik dan Akta Kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang Tahun 2013, 2014 dan 2015 ditinjau dari kualitas pelayanan. Informan pada penelitian ini adalah pegawai di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan, dan ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang sudah memenuhi standar operasional prosedur (SOP) yaitu 14 (empat betas ) hari kerja. Ukuran kualitas pelayanan menurut pendapat Fandy Tjiptono meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Secara umum pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sintang belum berkualitas. Hal ini disebabkan berbagai faktor, antara lain: kurangnya jumlah pegawai, kurangnya kualitas sumber daya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana, kedisiplinan dan tanggung jawab aparat perlu ditingkatkan, dan perlunya pengawasan yang melekat terhadap kedisiplinan aparat dari Pemerintah Kabupaten Sintang.
Actions (login required)
View Item |