Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang

Ainun, Syaripah (2017) Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43223.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang berdasarkan masih banyaknya penduduk di Kabupaten Sintang yang belum memiliki KTP Elektronik dan Akta Kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang Tahun 2013, 2014 dan 2015 ditinjau dari kualitas pelayanan. Informan pada penelitian ini adalah pegawai di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan, dan ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang sudah memenuhi standar operasional prosedur (SOP) yaitu 14 (empat betas ) hari kerja. Ukuran kualitas pelayanan menurut pendapat Fandy Tjiptono meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Secara umum pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sintang belum berkualitas. Hal ini disebabkan berbagai faktor, antara lain: kurangnya jumlah pegawai, kurangnya kualitas sumber daya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana, kedisiplinan dan tanggung jawab aparat perlu ditingkatkan, dan perlunya pengawasan yang melekat terhadap kedisiplinan aparat dari Pemerintah Kabupaten Sintang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43223.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kerja Dinas, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Service Quality, the work of the Department, Population Administration and Civil Registration.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304.6094-304.6099 Population by Localities (Populasi di Lokasi Tertentu, Sensus Penduduk di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.3-351.9 Public Administration in Specific Localities (Administrasi Negara di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:50
Last Modified: 24 May 2019 04:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8244

Actions (login required)

View Item View Item