Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2012- 2016)

Saragih, John Kefferiin (2017) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2012- 2016). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43324.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan. Faktor-faktor yang diteliti adalah laba, Leverage, Investasi dan Size. Laba akan mempengaruhi Nilai Perusahaan secara positif karena laba dapat digunakan untuk memberikan return kepada investor dalam bentuk dividen atau digunakan untuk diinvestasikan kembali, sedangkan Leverage berguna untuk pertumbuhan perusahaan saat terdapat keterbatasan sumber pendanaan internal (Laba dan atau modal sendiri) yang dimiliki. Efek pengurangan pajak penghasilan perusahaan yang melekat pada leverage memberikan perusahaan tambahan dana untuk investasi maupun untuk pembagian dividen kepada pemegang saham. Dengan adanya sumber pendanaan internal (laba) dan eksternal (utang), kedua-duanya dapat digunakan untuk meningkatkan investasi dalam bentuk Aset Tetap atau bentuk investasi lainnya. Dengan demikian maka perusahaan memiliki kesempatan untuk memiliki laba yang lebih besar lagi. Penambahan asset tetap berarti kapasitas produksi dan profitabilitas perusahaan meningkat sehingga menambah ukuran (Size) perusahaan. Sample diambil dari perusahaan manufaktur yang berjumlah 31 perusahaan dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama 5 tahun, yakni dari tahun 2012 sampai dengan 2016. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh Laba, Leverage, investasi dan Size terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi setiap tahun untuk 31 perusahaan dan keseluruhan (31 perusahaan dalam 5 tahun). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan variabel Laba, Leverage, Investasi dan Size terhadap Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43324.pdf
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, laba, leverage, investasi, firm value, profit, leverage, investment, size.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.02 Management for Enterprises (Manajemen Perusahaan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2019 02:38
Last Modified: 03 May 2019 03:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item