Idham, (2018) Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43463.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pelayanan publik oleh aparatur negara dewasa ini telah menjadi isu strategis, karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik akan menentukan baik buruknya pelayanan kepada masyarakat dan pada gilirannya akan menentukan citra dari aparatur negara. Banyaknya keluhan dan ketidakpuasan dari masyarakat sebagai customer services dapat menggambarkan betapa buruknya kualitas pelayanan publik yang selama ini telah dinikmati oleh masyarakat. Untuk meneliti kualitas pelayanan publik di dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tengah menggunakan teori pelayanan publik, kualitas pelayanan publik, kemampuan aparatur dan sistem pelayanan. Telah banyak hasil penelitian, seminar dan karya tulisan dari para ahli tentang penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Tetapi, nyatanya sampai saat ini pelayanan publik yang berkualitas masih belum dijalankan sebagaimana mestinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif Dalam pembahasan ini menyimpulkan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik masih belum sesuai dengan harapan dan memikirkan kepentingan konsumen yang semestinya harus dilayani dengan sebaik-baiknya. Penyelenggaraan pelayanan publik adalah kualitas norma dari penyelenggara pelayanan (aparatur), yang harus menyadari bahwa aparatur merupakan pelayan bagi masyarakat, sehingga ditemukan kepuasan bagi masyarakat.
Actions (login required)
View Item |