Persepsi Guru Terhadap Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Kecamatan Sintang

Winami, Tri (2013) Persepsi Guru Terhadap Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Kecamatan Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41413.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan dalam manajemen pendidikan merupakan faktor kunci keberhasilan pendidikan. Maju mundumya pendidikan salah satu faktor dipengaruhi oleh keterampilan manajerial kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah. Keterampilan manajerial kepala sekolah adalah kemampuan dan keahlian yang dimiliki kepala sekolah dalam mengelola tugas-tugas sekolah. Dalam penelitian keterampilan manajerial meliputi; keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusia dan keterampilan teknikal. Persepsi gum meropakan tanggapan, tafsiran dan penilaian guru terhadap keterampilan manajerial kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi guru terhadap keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusia, keterampilan teknikal dan pengelolaan kepala sekolah terhadap personil sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survei disini hanya untuk mengetahui persepsi guru terhadap keterampilan kepala sekolah. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Kecamatan Sintang dan secara khusus lokasi penelitian yang dijadikan tempat penelitian SMA Panca Setya Sintang Jalan Imam Bonjol Nomor 59 dan SMA Imanuel Sintang Jalan Teluk Menyurai Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Provinsi Kalimantan Bamt. Dari masing-masing sekolah diambil 25 responden sehingga jumlah responden 50. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum angket digunakan penelitian, angket tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis deskripsi data menunjukkan bahwa (1) persepsi gum terbadap keterampilan konseptual kepala sekolah cukup baik, (2) persepsi gum terhadap keterampilan hubungan manusia kepala sekolah cukup baik,(3) persepsi guru terhadap keterampilan teknikal kepala sekolah cukup baik, (4) Persepsi guru terhadap keterampilan manajerial kepala sekolah cukup baik. (5) kepala sekolah sudah mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41413.pdf
Uncontrolled Keywords: principal's managerial skills, teacher perception, senior high school, keterampilan manajerial kepala sekolah, persepsi guru, sekolah menengah atas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:24
Last Modified: 11 Aug 2016 04:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item