Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pelayanan Pemberian Kartu Tanda Pencari Kerja (AK.1) Pada Kantor Transmigrasi Dan Tenaga Kerja Kabupaten Mamuju

Tombi, Joice (2018) Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pelayanan Pemberian Kartu Tanda Pencari Kerja (AK.1) Pada Kantor Transmigrasi Dan Tenaga Kerja Kabupaten Mamuju. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43577.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pelayanan pemberian kartu tanda pencari kerja (AK.l) di Kantor Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Mamuju .Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, oleh karena itu yang menjadi instrumen penelitian adalah panduan wawancara yang diharapkan dapat melengkapi data yang dibutuhkan untuk menganalisis proses pelayanan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek penelitian adalah pegawai Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Mamuju dan masyarakat atau pencari kerja. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara kepada narasumber dengan menggunakan panduan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari literature dan dokumen yang berhubungan dengan proses pelayanan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan pemerintah tentang pelayanan pemberian kartu tanda pencari kerja (AK.1) berdasarakan fakta lapangan pada kantor Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Mamuju dengan merujuk pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, teori dan konsep yang relevan adalah : Struktur Birokrasi, Sumber Daya Pendukung, Disposisi, dan Komunikasi. Pada pelaksanaannya sesuai hasil temuan sudah berjalan cukup baik, petugas pelayanan pemberian kartu AK.l telah menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan mekanisme yang ada dan memenuhi standard pelayanan, hanya sajci bel urn sesuai harapan, baik dari pihak dinas sendiri maupun masyarakat yang menerima pelayanan, hal ini dapat dilihat pada sumber daya pendukung yang terdiri dari Sumberdaya manusia dan sarana prasarana terlihat belum memadai, dimana petugas yang secara teknis mengetahui proses pelayanan pemberian kartu AK.l yang sudah mendapatkan pendidikan khusus/diklat hanya satu orang ditambah lagi dengan kondisi ruangan yang terlalu kecil sehingga membuat pencari kerja yang membutuhkan pelayanan merasa tidak nyaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43577.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pelayanan Pencari Kerja (AK.l), Policy Implementation, Job Seeker service (AK-1).
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.11 Labor Force, Employee (Angkatan Kerja)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.124 Job Vacancies (Lowongan Kerja, Lapangan Pekerjaan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 651 Office Services (Layanan Kantor)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2019 08:19
Last Modified: 07 May 2019 01:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item