Kinerja Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau

Nurhayathi, (2018) Kinerja Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43693.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Arti penting kearsipan ternyata mempunyai jangkauan yang amat luas yaitu kearsipan sebagai pusat ingatan, sumber informasi serta sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau adalah salah satu organisasi perangkat daerah yang memiliki fungsi pelayanan di bidang kearsipan, organisasi dituntut untuk dapat melaksanakan good governance melalui suatu sistem pengelolaan kearsipan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kinerja pengelolaan kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Malinau diukur dari perspektif keuangan, perspektif pengguna jasa, perspektif proses internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, baik secara parsial maupun secara keseluruhan dengan menggunakan pendekatan Balance Scorecard Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengelolaan kearsipan ditinjau dari perspektif keuangan menunjukan capaian realisasi anggaran sangat baik sebesar 99,54%. Kinerja dari perspektif pengguna jasa menunjukkan kinerja yang belum optimal yang disebabkan karena belum tersedianya sarana dan prasarana yang representatif untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Kinerja dari perspektif proses internal dengan variabel yaitu pelaksanaan administrasi sesuai SOP, ketersediaan samoa dan prasarana, perencanaan sistematis terlaksana dengan cukup baik. Hasil analisis perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara keseluruhan menunjukkan hasil yang kurang optimal, penurunan APBD yang berdampak terhadap program pendidikan dan kesejahteraan pegawai menurunkan motivasi pegawai dalam melaksanakan fungsi dan perannya. Pelaksanaan pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah tidak terlepas dari hambatan yang dihadapi organisasi, yaitu keterbatasan anggaran, keterbatasan sarana dan prasarana, dan keterbatasan tenaga ahli di bidang kearsipan. Untuk dapat mengatasi hambatan yang ada, organisasi harus dapat melaksanakan optimalisasi sarana dan prasarana yang ada, meningkatkan kapasitas pegawai melalui sharing pengalaman dan menyediakan sarana dan prasarana yang menjadi prioritas bagi pengelolaan kearsipan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43693.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja, keuangan, pengguna jasa, proses internal, pembelajaran dan Pertumbuhan, Performance, Effectiveness, Balanced Scorecard.
Subjects: 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi)
000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 021 Relationship of Libraries (Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi)
000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 025 Operations, Archieves, Information Centers (Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi,Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan)
000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 026 Specific Subjects Libraries, Archeves, Information Centers Devoted to Specific Subjects and Disciplines (Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Subjek Disiplin Tertentu)
000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 027.5 Government Libraries (Perpustakaan Pemerintah)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 May 2019 03:39
Last Modified: 22 May 2019 06:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item