Analisis Kualitas Pelayanan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau

Azizi, Okky Rizki (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43493.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pelayanan publik adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan berlandaskan faktor materiil melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka dim usaha untuk memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan bahkan secara ekstrim dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit merupakan salah satu bagian dari pelayanan publik dan ini merupakan kewajiban yang dalam hal ini dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Adapun arti dari pelayanan publik itu sendiri adalah pemenuhan keinginan dan juga kebutuhan masyarakat oleh penyelenggara Negara. Oleh karena itu publik (masyarakat) tentu saja mengharapkan pelayanan tersebut dengan bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan bagi masyarakat. Rumah sakit sebagai salah satu pelayanan publik di bidang kesehatan menyediakan unit rawat jalan sebagai salah satu media pelayanan medis, unit rawat jalan adalah pelayanan medis kepada seorang pasien untuk tujuan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya, tanpa mengharuskan pasien tersebut dirawat inap. Dalam prakteknya masih banyak dijumpai gejala permasalahan berkaitan dengan Analisis Kualitas Pelayanan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah: "Bagaimanakah Kualitas Pelayanan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau?". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa serta mengetahui penghambat Kualitas Pelayanan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Bidang Pelayanan Medik dan pasien Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau. Adapun pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau maka didapati hasilnya belum berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan merujuk kepada aspek penghambat yang belum sesuai dengan visi dan misi dari Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43493.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Quality, Service.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.11 Hospitals and Related Institutions (Rumah Sakit)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 May 2019 02:57
Last Modified: 22 May 2019 06:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8332

Actions (login required)

View Item View Item