Darfi, Fatimatul (2013) Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Tumbuh Kembang Anak di Puskesmas Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41322.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan tumbuh kembang anak di Puskesmas Kecamatan Sukamara dan untuk mengetahui aspek-aspek apa yang perlu dipertahankan dan aspek yang menjadi prioritas untuk diperbaiki. Penelitian yang digunakan yaitu: reliability, responsiveness, tangibles, assurance dan emphaty. Cara pengambilan data melalui informan yaitu wawancara, interview guite kepada beberapa informan dan memakai data sekunder. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan purposif. Informan berasal dari instansi terkait, tenaga teknis dan masyarakat. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan tumbuh kembang anak di Puskesmas Kacamatan Sukamara dikategorikan baik, akan tetapi ada beberapa aspek masih harus diperbaiki, walaupun beberapa aspek lainnya memperlihatkan kinerja yang sudah bagus. Beberapa aspek yang kinerjanya sudah bagus bisa dilihat dari dimensi reliability, responsiveness dan emphaty. Kemudian beberapa aspek yang harus diperbaiki kinerjanya adalah perlu pelatihan yang mendalam kepada petugas tumbuh kembang anak, penambahan tenaga kerja psikologi ddtk, supaya semua pasien dapat terlayani sesuai dengan waktu yang dibutuhkan dalam pemeriksaan dan pasien tidak merasa jenuh untuk menunggu. selain itu perlu diadakan sosialisasi menyeluruh mengenai tumbuh kembang anak kepada orang tua dan masyarakat. kalau dilihat dari permasalahan ini maka dimensi yang diperbaiki adalag tangibles, assurance dan reliability
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41322.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Dimensi Kualitas Layanan, Tumbuh Kembang Anak |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.7 Problems and Services to Young People (Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 02:55 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:55 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/837 |
Actions (login required)
View Item |