Pengaruh Kompetensi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berimplikasi Pada Kinerja Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Lubuklinggau

Maryono, Zon (2018) Pengaruh Kompetensi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berimplikasi Pada Kinerja Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Lubuklinggau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43647.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Secara umum tujuan penelitian dimaksud untuk mendeskripsikan secara analitis tentang kepuasan konsumen dalam menyelesaikan sengketa pada BPSK Kota Lubuk:linggau, sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kompetensi, Iklim Organisasi dan kinerja pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Kota Lubuklinggau. Penulisan tesis akan mempunyai nilai ilmiah jika berpatokan pada syarat-syarat metode ilmiah, karena penelitian merupakan alat atau sarana utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertujuan untuk: mengungkap kebenaran secara sistematis, metodologis dan konsisten. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, bidang ilmu yang digunakan adalah bidang ilmu manajemen khususnya manajemen sumber daya manusia. Dalam penulisan ini populasi dan sampel yang digunakan adalah keseluruhan subjek penelitian dan sampel yang diambil adalah terhadap konsumen dan pelaku usaha yang pernah bersengketa maupun yang belum pernah bersengketa pada BPSK Kota Lubuk:linggau, teknik sampling yang digunakan sampel random sampling. Hasil Penelitian bahwa seluruh variabel eksogen dapat mempengaruhi secara positif terhadap variabel endogen, full model telah memenuhi Goodness of Fit. Dengan demikian maka penelitian ini telah dapat memenuhi dan dapat dilanjutkan dengan melakukan pengujian hipotesis. Hasil modifikasi full model yang diolah dengan menggunakan SEM-Amos, dari 10 kriteria Goodness of Fit Index bahwa 7 kriteria telah memenuhi kriteria dan model telah fit. Dengan demikian bahwa basil evaluasi full model menunjukkan bahwa variabel dan seluruh indikatornya mempunyai hubungan yang baik, sehingga untuk selanjutnya dapat dilakukan pengujian hipotesis. Kesimpulan penelitian adalah bahwa hasil pengujian terhadap 7 hipotesis yang diajukan penelitian ini hanya 6 hipotesis yang berhasil dikonfirmasi, sebagaimana benang merah penelitian berikut ini yaitu Kompetensi, iklim organisasi baik secara sendiri maupun bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada BPSK Kota Lubuk:linggau. Kompetensi, iklim organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja BPSK Kota Lubuk:linggau, sedangkan Kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap kinerja pada BPSK Kota Lubuk:linggau dan apabila secara bersama-sama antara kompetensi, iklim organisasi serta kepuasan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pada BPSK Kota Lubuklinggau.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43647.pdf
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Iklim Organisasi, Kepuasan Konsumen dan Kinerja, Competences, Organizational Climate, consumer satisfaction and Performance.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.1 Organizations (Manajemen Organisasi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 May 2019 07:40
Last Modified: 14 May 2019 07:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8379

Actions (login required)

View Item View Item