Analisis Faktor-Faktor Yang Berbubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Embung Fatimah Kota Batam

Putra, Trizaldi (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Berbubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Embung Fatimah Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41585.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu industri jasa yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan kesehatan. Kemampuan rumah sakit dalam memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik merupakan harapan bagi setiap masyarakat ketika datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. RSUD Embung Fatimah Kota Batam menjadi salah satu rumah sakit alternatif bagi masyarakat Batam untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan status sebagai Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Batam tentu besar harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai yang bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat sebagai pengguna jasa. Namun dalam perjalanannya kerap muncul keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di rumah sakit yang dinilai masih jauh dari harapan, dan mutu pelayanan dianggap rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan medis (dokter/perawat/bidan), kualitas pelayanan administrasi dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan di ruang rawat inap RSUD Embung Fatimah Kota Batam. Teknik pengumpulan data yang utama adalah kuisioner. Besarnya sampel 51 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistic Parametric Support System), yaitu dengan menggunakan teknik analisis Chi Square. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan pasien dengan tingkat alpha 5 % maka diperoleh dari t SPSS diperoleh 3,982 dan t hitung = path / std error = 0,443 /0,19 = 2,31. Sedangkan ttabel adalah a 0.05, V2, 51 dk=n-k- 1=51-2-1) diperoleh 1,98 maka diputuskan thitung=2,31 > ttabel=1,98. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan administrasi terhadap tingkat kepuasan pasien dengan tingkat alpha 5% maka diperoleh dari t SPSS diperoleh 3,190 dan thitung = path / std error = 0,495/0,19 = 2,6. Sedangkan ttabel adalah a 0.05, V2, 51 dk=n-k-I=51-2-1) diperoleh 1,98 maka diputuskan thitung=26 > ttabel=1.98. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersedian fasilitas terhadap tingkat kepuasan pasien dengan tingkat alpha 5% maka diperoleh dari t SPSS diperoleh 4,653 dan thitung = path / std error = 0,549 / 0,19 = 2,8. Sedangkan t tabel adalah α 0.05, V2, 51 dk=n-k-l=51-2-1) diperoleh 1,98 maka diputuskan t hitung=2,8 > tabel= 1.98. Sebagai kesimpulan, Penelitian ini membuktikan bahwa pelayanan medis, pelayanan administrasi dan fasilitas berhubungan secara signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41585.pdf
Uncontrolled Keywords: service, satisfaction, pelayanan, kepuasan
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:53
Last Modified: 04 Aug 2016 02:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item