Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Perizinan Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Berau

Kabatiah, Shanty Erna (2018) Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Perizinan Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Berau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43712.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan amanat utama yang harus dijalankan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pelayanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pemerintahan. Salah satu pelayanan publik yang selalu menjadi sorotan utama adalah pelayanan perizinan, dimana menjadi salah satu ukuran pelaksanaan program pemerintah di berbagai lini. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan perizinan yang diberikan oleh aparatur pada BPPT Kabupaten Berau? dan faktor apa saja yang sangat berpengaruh terhadap persepsi masyarakat pada pelayanan perizinan yang diberikan oleh aparatur pada BPPT Kabupaten Berau. Pertanyaan penting dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan perizinan yang diselenggarakan oleh aparatur pada BPPT Kabupaten Berau ? dan variabel kualitas pelayanan apa saja yang sangat berpengaruh terhadap persepsi masyarakat pada pelayanan perizinan yang diberikan oleh aparatur BPPT Kabupaten Berau ? Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu data dianalisis secara kualitatif dengan menggarnbarkan atau menguraikan obyek penelitian berdasarkan basil penelitian yang dikemukakan. Persepsi masyarakat terhadap persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon untuk suatu perizinan masih belum sepenuhnya sesuai, artinya masih ada beberapa persyaratan yang terkadang tidak ada di dalarn blanko perizinan yang sudah dipersiapkan. Prosedur pelayanan yang diberikan oleh aparatur BPPT Kabupaten Berau masih belum optimal. Waktu pelayanan perizinan merupakan variabel yang paling mendapatkan respon negatif dari pemohon terutama Izin Mendirikan Bangunan, dimana waktu penyelesaiannya tidak ada kepastian dan cenderung berlarut-larut. Kompetensi petugas pelayanan perizinan masih belum optimal, artinya tidak semua aparatur memiliki kompetensi yang seharusnya, sehingga terkadang membuat pemohon kebingungan. Pelayanan pengaduan yang diselenggarakan oleh aparatur pada BPPT Kabupaten Berau belum berjalan sesuai ketentuan, masih belum terpola, sistematis dan terkoordinir dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43712.pdf
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Pelayanan Perizinan, Perception, Society, Licensing Services.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 07:55
Last Modified: 22 May 2019 07:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8452

Actions (login required)

View Item View Item