Agusthina, Aplina (2018) Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43697.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan serta keberlangsungan penyediaan data kependudukan secara nasional, pemerintah bertanggung jawab dalam menyediakan data kependudukan yang akurat dan terkini. Diharapkan aparat pemerintah di seluruh Indonesia dapat melaksanakan pelayanan publik dengan baik dan sesuai dengan apa yang dapat diharapkan oleh masyarakat. Dalam hal ini masih banyak yang harus dikoreksi dari pelayanan publik di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan di dalam dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil menjadi salah satu organisasi pemerintah yang menjadi pelaksana pembuatan e-KTP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan e-KTP di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Malinau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data yang sudah terkumpul kemudian direduksi berupa pokok-pokok temuan yang relevan dengan fokus kajian, selanjutnya disajikan secara naratif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau sudah tergolong baik, dan kualitas pelayanan yang disediakan sangat memudahkan konsumen dalam melakukan pembuatan e-KTP. Namun dalam penyelenggaraan pelayanan publik masih ada beberapa faktor yang menghambat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau adalah pencetakan e-KTP masih menjadi kewenangan pusat dan daerah belum diberi kewenangan untuk mencetak e-KTP sendiri sehingga proses pendistribusian e-KTP harus menunggu dari pusat. Pegawai juga belum disiplin dilihat dari masih ada pegawai yang datang tidak tepat pada waktunya. Dan dalam hal sarana Disdukcapil hanya memiliki 1 alat rekam saja. Hal inilah yang menghambat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau.
Actions (login required)
View Item |