Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau

Agusthina, Aplina (2018) Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43697.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan serta keberlangsungan penyediaan data kependudukan secara nasional, pemerintah bertanggung jawab dalam menyediakan data kependudukan yang akurat dan terkini. Diharapkan aparat pemerintah di seluruh Indonesia dapat melaksanakan pelayanan publik dengan baik dan sesuai dengan apa yang dapat diharapkan oleh masyarakat. Dalam hal ini masih banyak yang harus dikoreksi dari pelayanan publik di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan di dalam dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil menjadi salah satu organisasi pemerintah yang menjadi pelaksana pembuatan e-KTP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan e-KTP di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Malinau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data yang sudah terkumpul kemudian direduksi berupa pokok-pokok temuan yang relevan dengan fokus kajian, selanjutnya disajikan secara naratif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau sudah tergolong baik, dan kualitas pelayanan yang disediakan sangat memudahkan konsumen dalam melakukan pembuatan e-KTP. Namun dalam penyelenggaraan pelayanan publik masih ada beberapa faktor yang menghambat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau adalah pencetakan e-KTP masih menjadi kewenangan pusat dan daerah belum diberi kewenangan untuk mencetak e-KTP sendiri sehingga proses pendistribusian e-KTP harus menunggu dari pusat. Pegawai juga belum disiplin dilihat dari masih ada pegawai yang datang tidak tepat pada waktunya. Dan dalam hal sarana Disdukcapil hanya memiliki 1 alat rekam saja. Hal inilah yang menghambat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malinau.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43697.pdf
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik,e-KTP, service quality
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.14 Local Administration, Provinces (Administrasi Lokal, Provinsi)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 353.3 Administration of Services to Domestic Order (Departemen Urusan Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 May 2019 01:29
Last Modified: 24 May 2019 01:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8471

Actions (login required)

View Item View Item