Sapri, Yen (2017) Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMAN Di Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43521.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Sepuluh SMAN di Kabupaten Kaur dijadikan tempat penelitian dan seluruh guru yang berstatus pegawai negeri sipil menjadi subjek dalam studi ini. Dengan menggunakan metode sensus, 155 guru SMAN di survei. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Sekolah baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru SMAN di Kabupaten Kaur. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan tersebut mengandung makna bahwa perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja mengajar guru. Semakin baik perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik maka akan semakin baik pula kinerja mengajar guru SMAN di Kabupaten Kaur. Disarankan bahwa untuk meningkatkan kinerja mengajar guru, Kepala Sekolah harus mengupayakan perbaikan perilaku kepemimpinan dengan baik dengan cara memberikan bimbingan, pembinaaan tentang kinerja guru. Dalam hal supervisi akademik, Kepala Sekolah melaksanakan supervisi secara periodik untuk mengevaluasi kinerja mengajar guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar dengan cara memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap guru. Selanjutnya guru hendaknya selalu meningkatkan profesionalismenya dengan membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, memilih dan menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat, melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, serta melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
View Item |