Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMAN Di Kabupaten Kaur

Sapri, Yen (2017) Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMAN Di Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43521.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Sepuluh SMAN di Kabupaten Kaur dijadikan tempat penelitian dan seluruh guru yang berstatus pegawai negeri sipil menjadi subjek dalam studi ini. Dengan menggunakan metode sensus, 155 guru SMAN di survei. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Sekolah baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru SMAN di Kabupaten Kaur. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan tersebut mengandung makna bahwa perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja mengajar guru. Semakin baik perilaku kepemimpinan dan supervisi akademik maka akan semakin baik pula kinerja mengajar guru SMAN di Kabupaten Kaur. Disarankan bahwa untuk meningkatkan kinerja mengajar guru, Kepala Sekolah harus mengupayakan perbaikan perilaku kepemimpinan dengan baik dengan cara memberikan bimbingan, pembinaaan tentang kinerja guru. Dalam hal supervisi akademik, Kepala Sekolah melaksanakan supervisi secara periodik untuk mengevaluasi kinerja mengajar guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar dengan cara memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap guru. Selanjutnya guru hendaknya selalu meningkatkan profesionalismenya dengan membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, memilih dan menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat, melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, serta melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43521.pdf
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kepemimpinan, Supervisi Akademik, Kinerja Mengajar Guru, Leadership behavior, academic supervision, teachers' teaching performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 May 2019 08:24
Last Modified: 29 May 2019 07:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item