Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMA Se-Kota Bintuhan Kabupaten Kaur

Riduan, (2017) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMA Se-Kota Bintuhan Kabupaten Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43519.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi di SMA se-kota Bintuhan Kabupaten Kaur yang sedang berusaha mencapai status Sekolah Standar Nasional (SSN) masih banyak hal yang harus ditingkatkan, beberapa diantaranya dari aspek kinerja guru, kedisiplinan dan kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan disiplin kerja terhadap kinerja mengajar guru SMA se-kota Bintuhan Kabupaten Kaur. Subyek penelitian adalah guru SMA se-Kota Bintuhan Kabupaten Kaur tennasuk kepala sekolah dan guru tidak tetap (GIT). Metode pengumpulan data menggunakan daftar pertanyaan berbentuk kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada responden sebanyak 110 kuesioner dan dapat diolah sebanyak 99 kuesioner. Analisis hipotesis dilakukan dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi berpengaruh terhadap kinerja mengajar guru SMA se-Kota Bintuhan Kabupaten Kaur (p 0,000 < 0,05). Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja mengajar guru SMA se-Kota Bintuhan Kabupaten Kaur. Kompetensi pedagogik dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja mengajar guru SMA se Kota Bintuhan Kabupaten Kaur. Kompetensi pedagogik dan disiplin kerja berkontribusi sebesar 26% dalam mempengaruhi kinerja mengajar guru SMA se Kota Bintuhan Kabupaten Kaur, sedangkan sisanya sebesar 74% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Meningkatkan kinerja mengajar guru, pimpinan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dengan cara memberikan penghargaan yang adil pada setiap guru. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja guru, pimpinan harus dapat meningkatkan disiplin kerja guru dengan cara menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, seperti melakukan pengawasan terhadap guru. Selain itu, sekolah dapat menerapkan absensi sidik jari saat datang, istirahat dan pulang kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43519.pdf
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Disiplin, Kinerja Mengajar Guru, Pedagogical, Discipline, Teaching Performance.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658 General Management (Manajemen Umum)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 May 2019 06:57
Last Modified: 28 May 2019 06:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8508

Actions (login required)

View Item View Item