Evaluasi Implementasi Sertifikasi Guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang

Suali, Amin (2013) Evaluasi Implementasi Sertifikasi Guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1441032.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan implementasi sertifikasi guru di Kabupaten Sintang dan mengevaluasi implementasinya. Implementasi difokuskan pada penetapan kuota, persyaratan peserta, penetapan peserta, sosialisasi, pendaftaran, dan penyusunan portofolio. Evaluasi implementasi dilakukan untuk mengkaji efektivitas, efisiensi, adekuasi (kecukupan), kesamaan (ekuitas), responsivitas dan ketepat gunaan pelaksanaan sertifikasi guru tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru SMP di Kecamatan Sintang yang telah mengikuti sertifikasi dan yang belum mengikuti sertifikasi, staf dan pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, anggota dewan pendidikan dan komite sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa implementasi sertifikasi guru di Kabupaten Sintang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Efektivitas dari pelaksanaan sertifikasi diindikasikan dengan kualitas hasil pelaksanaan kebijakan yang dicapai. Kualitas tersebut dapat dilihat dengan tingkatan kelulusan yang mencapai 94%. Indikator dari efisiensi pelaksanaan sertifikasi adalah adanya usaha yang dilakukan setiap guru dalam memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya untuk dapat lulus sertifikasi. Adekuasi atau kecukupan dalam pelaksanan sertifikasi membantu dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam implementasi. Kesamaan atau ekuitas pelaksanaan sertifikasi dapat diindikasikan dari pelaksanaan sertifikasi yang memberikan kesempatan kepada semua calon peserta yang sudah memenuhi persyaratan. Responsivitas pelaksanaan sertifikasi merupakan manfaat secara luas tidak hanya bagi guru SMP, tetapi juga bermanfaat bagi semua yang terlibat dalam sertifikasi. Ketepatgunaan pelaksanaan sertifikasi merupakan pelaksanaan sertifikasi yang tepat sasaran, yaitu guru-guru yang memiliki kualitas dan kompetensi sesuai dengan bidangnya dan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1441032.pdf
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi, sertifikasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:21
Last Modified: 04 Aug 2016 03:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item