Pengaruh Kompetensi dalam Membangun Kinerja Guru SMP Negeri dan Swasta Kecamatan Nongsa Kota Batam

Khadijah, (2012) Pengaruh Kompetensi dalam Membangun Kinerja Guru SMP Negeri dan Swasta Kecamatan Nongsa Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41671.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dalarn membangun kinerja guru SMP negeri dan swasta di Kecarnatan Nongsa Kota Batam. Penelitian ini adalah penelitian survei untuk menjawab lima hipotesis utama, yaitu diduga bahwa: (1) kompetensi pedagogik secara positif dan signi:fikan berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Nongsa; (2) kompetensi kepribadian secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Nongsa; (3) kompetensi sosial secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Nongsa; (4) kompetensi professional secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja gum SMP KecamatanNongsa; serta (5) kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional secara positif dan signifikan berpengaruh bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Nongsa. Subyek penelitian ini adalal1 guru SMP negeri dan swasta di Kecamatan Nongsa yang tercatat masih aktif pada tahun 2012. Jumlah total populasi 150 orang, da.ri total tersebut setelah dilakukan survey dengan cara sensus kuisione.r, pengembalian kuesioner sebanyak 87 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa uji R square pada kompetensi pedagogik (XI), kompetensi kepnbadian (X2), kompetensi sosial (X3) dan kompetensi profesional (X4) secara positif dan signi:fikan berpengaruh bersama-sama (simultan) terhadsp kinerja guru S~& Kecamatan Nongsa sebesar 0,512. Dengan kata lain kinerja guru ditentukan oleh keempat variabel tersebut sebesar 51,2% sedangkan sisanya 48,S% dir;engaru..'Ji oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian Hos ditolak d::m Has diterima. Namun demikian dari empat variabel tersebut, variabel yang JH1ing bcrpengaruh besar adalah kompetensi kepribadian (X2) yaitu sebesar 0,679. Kemudian disusul oleh kompetensi sosial (X3) dengan nilai 0,588 dan berikutnya kompetensi profesional (X4) sebesar 0,569. Kompetensi pedagogik (XI) bcrada diurutan terakhir dengsn nilai 0,496. Sebagai simpulan, penelitian irJ rnembuktikan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru di Kecamatan Nongsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41671.pdf
Uncontrolled Keywords: Pedagogy, Personality, Social, Professional and Performance,Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Profesional dan Kinerja
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:38
Last Modified: 14 Nov 2018 04:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item