Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit, Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Tiara Pematang Siantar

Lubis, Andi Hakim (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit, Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Tiara Pematang Siantar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43726.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra rumah sakit, dan nilai pelanggan secara parsial dan secara simultan.terhadap kepuasan pasien. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Tiara Pematang siantar terhadap pasien rawat inap maupun pasien rawat jalan dari Rumah Sakit tersebut. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari basil penyebaran kuesioner kepada pasien sedangkan data sekunder diperoleh dari basil laporan dan data pendukung lainnya yang bersumber dari Rumah Sakit Umum Tiara Pematang siantar. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan koefisien regresi 0,09 (2) citra rumah sakit secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien (3) nilai pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan koefisien regresi 0,22 (4) kualitas pelayanan, citra rumah sakit, clan nilai pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 38,5%. Variabel nilai pelanggan adalah variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43726.pdf
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Brand Image, Custumer's Value, Customer's Satisfaction,Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pasien
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.17 Specific Services (Spesifikasi Pelayanan Medis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 15 Oct 2019 04:02
Last Modified: 23 Oct 2019 03:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8690

Actions (login required)

View Item View Item