Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah

Siregar, Udeman (2009) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41237.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kinerja pegawai mempunyai dampak kepada pegawai bersangkutan maupun kepada organisasi. Bagi pegawai kinerjanya tinggi bisa mendapat kenaikan gaji, peluang untuk dipromosikan, dan jika kinerjanya rendah berarti pegawai bersangkutan tidak kompeten dalam pekerjaannya, dan bisa berakibat mengalami pemutusan hubungan kerja. Kinerja organisasi yang tinggi akan meningkatkan produktivitas organisasi, dan memantapkan manajemen organisasi. Sebaliknya, jika kinerja organisasi rendah akan berakibat menurunnya kualitas dan produktivitas kerja, serta sasaran hasil kerja organisasi yang ditargetkan akan mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adaIah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Berdasarkan telaah literatur, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja adalah kepemimpinan, motivasi kerja, dan pelatihan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah kepemimpinan, motivasi kerja dan pelatihan secara serempak memiliki pengaruh terhadap kinerja, dan manakah dari ketiga faktor tersebut yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil melalui penyebaran kuisioner kepada seluruh responden (pegawai), observasi terhadap pelaksanaan tugas pegawai dan melakukan wawancara langsung kepada responden, serta menggunakan data sekunder dengan mencatat data laporan pengelolaan kepegawaian. Penelitian ini merupakan penelitian penjelas karena menjelaskan hubungan kausal antara variabel tertentu melalui pengujian hipotesis Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 responden (pegawai). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan, motivasi kerja, dan pelatihan secara simultan memiliki pengaruh terhadap kinerja dengan nilai A justed R Square 0,633 yang berarti variabel bebas dalam penelitian ini dapat menjelaskan variabel terikat sebanyak 63,33%, sedangkan sisanya 36,67% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga variabel yang mempengaruhi kinerja ternyata motivasi kerja memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja. Sedangkan kepemimpinan dan pelatihan secara parsial tidak memiliki pengaruh dominan dan signifikan terhadap kinerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41237.pdf
Uncontrolled Keywords: performance, leadership, work motivation and training, kinerja, kepemimpinan, motivasi kerja dan pelatihan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:09
Last Modified: 04 Aug 2016 04:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item