AD, Rindangsari (2018) Strategi Pelayanan Dibidang Pendidikan Nonformal pada UPTD Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43851.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan pelayanan Publik dibidang pendidikan nonformal yang dilakukan pada UPTD BPKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung (2) Mengetahui respon dari pelanggan atas pelayanan yang dilakukan di UPTD BPKB berdasar pada 5 (Lima) dimensi kualitas pelayanan publik antara lain bukti fisik (I'angible), dapat dipertanggunjawabkan (Acauntable), Daya Tanggap (Resposible), daya Jangkau (Access) dan kesantunan (Courtecy) (3) mewujudkan strategi pelayanan public dibidang pendidikan nonfonnal pada UPTD BPKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang didukung oleh data kuantitatif. Penelitian Kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan suatu objek yang akan diteliti pada kondisi saat ini, didasarkan pada fakta fakta yang nampak (Fact finding). Prosedur pengumpulan data melalui indepth interview dan kuesioner dari infonnan. Sumber Informan terdiri dari pelanggan seperti PAUD, TK, Kelompok Bermain Anak anak, Lembaga kursus, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Data yang terkumpul, dianalisis secara kualitatif deskriptif melalui model interaksi yang diaplikasi dalam teori Miles dan Huberman (2008). Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran jenis pelayanan pada UPTD antara lain pelayanan model program pembelajaran pendidikan nonformal, model kurikulum, model peningkatan mutu pendidik dan pelayanan narasumber. Respon pelayanan publik dibidang pendidikan nonformal terhadap pemahaman tentang Undang Undang pelayanan publik sebanyak 86.20 persen informan menyatakan belum memahami. Akan tetapi terkait tentang Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Program bagi ASN yang bertugas di UPTD BPKB menyatakan 86,20 persen informan sudah memahami. SOP Pelayanan dari Standar Pelayanan minimal sebanyak 48,27 persen menyatakan belum memahami. Pada kondisi saat ini Sarana pelayanan sebanyak 82,76 persen informan menyatakan sudah lengkap, namun masih perlu dilengkapi dengan sarana lain seperti ruang tunggu, referensi perpustakaan dan pelayanan pendidikan berbasis internet. Dalam dimensi .pelayanan terhadap produk layanan yang diberikan Aparatur dapat dinyatakan Tangible, produk selalu tersedia,berkualitas dan akuntable. Ketika ada keluhan langsung direspon Aparatur dengan respek, bergerak cepat dan dilakukan melalui komunikasi 2 arah. Sikap perilaku yang ditampilkan aparatur ketika melakukan interaksi pelayanan berwajah manis, senyum, tidak cemberut dan menggunakan tutur kata yang positif. Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka Satu strategi yang dapat dilakukan pada UPTD BPKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dibidang pendidikan Nonfonnal yaitu (I) memberikan Pemahaman kepada Aparatur bahwa Asn itu adalah pelayan publik, yang selalu dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai dengan SOP Pelayanan dan SPM Pendidikan Nonformal yang telah disusun. Cara yang dapat ditempuh melalui pembinaan insentif, pelatihan,lokakarya, seminar dan lain lain (2) melengkapi sarana pelayanan seperti ruang tunggu, referensi perpustakaan dan SIPP berbasis internet (3) Perlu upaya dukungan dan komitmen dari semua Stakeholders, khususnya Pimpinan dan ASN yang bertugas di UPTD BPKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43851.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Public Service Strategy, Nonformal Education Strtegi Pelayanan Publik, Pendidikan Nonformal |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 02:40 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:53 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8730 |
Actions (login required)
View Item |