Hubungan Antara Efikasi Diri dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sekecamatan Bojongmanik Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Odit, (2019) Hubungan Antara Efikasi Diri dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sekecamatan Bojongmanik Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43836.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan efikasi diri dengan hasil belajar IPA, hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPA, dan hubungan efikasi diri dan minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa Ke las V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD se kecamatan Bojongmanik, dan Jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 siswa kelas V SD. Instrumen Penelitian terkait efikasi diri dan minat belajar IPA siswa berupa angket. Metode analisis data dengan menggunaan uji nonnalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar IPA siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 101,65. Dari hasil thitung dikonsultasikan pada tiabet dengan N=90 dan taraf signifikansi 5%, diperoleh harga tiabel sebesar 1,9870. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung > tiabet. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t pada tabel 4.14 diperoleh thitung sebesar 45,577. Dari hasil thitung dikonsultasikan pada Ttabel dengan N=90 dan taraf signifikansi 5%, diperoleh harga Ttabel sebesar 1,9870. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung > Ttabel. Berdasarkan pada hasil uji hipotesis simultan (uji t) pada tabel 4.15 dapat diketahui bahwa nilai Fhitung = 2,097 < Fiabet = 3,10. Hal ini mengandung arti bahwa terdapat hubungangan positif yang tidak signifikan antara efikasi diri dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43836.pdf
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, Learning Interest, Science Learning Outcomes Efikasi diri, Minat Belajar, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:29
Last Modified: 23 Oct 2019 10:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item