Pengaruh Model Pembelajaran Time Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribhawono

Istiniawati, (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Time Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribhawono. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43785.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran Mekanistik, (2) kemampuan pemecahan masalah IP A peserta didik dengan minat belajar tinggi dibandingkan dengan minat belajar sedang, kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik dengan minat belajar tinggi dengan minat belajar rendah dan kemampuan pemecahan masalah IPA peserta didik dengan minat belajar sedang dengan minat belajar rendah, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan mekanistik terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu quasy eksperiment dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribhawono, dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Data hasil angket dan tes kemampuan pemecahan;. masalah dianalisis menggunakan uji analisa varians dua jalur berbantuan sofrniare SPSS 17.0. Berdasarkan analisis data ditemukan hasil-hasil sebagai benkut. Pertama, kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran TAI lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran mekanistik pada pokok bahasan gerak hewan. Kedua, kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan kategori minat belajar tinggi, sedang, dan rendah sama baiknya. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43785.pdf
Uncontrolled Keywords: Leaming lnterest; Solution to problem; Team Assisted Individualization, Minat Belajar; Pemecahan Masalah; Team Assisted lndividualization
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:25
Last Modified: 18 Nov 2019 04:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item