Fefi, Rewina (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43846.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan pada Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang merupakan analisis angka-angka sehingga dapat diukur dan dihitung. Disamping menggunakan metode kuantitatif penelitian ini juga menggunakan metode analisis diagram jalur dengan menggunakan lima dimensi pengukuran, yaitu pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, pemeriksaan pajak, kesadaran wajib pajak dan kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh. Variabel independen pada penelitian ini adalah pengetahuan Wajib Pajak, kualitas pelayanan dan pemeriksaan pajak, sedangkan variabel dependen adalah kepatuhan Wajib Pajak dengan variabel interveningnya kesadaran Wajib Pajak. Skala pengukuran variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala Likert. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada 286 Wajib Pajak terdiri dari 54 Wajib Pajak orang pribadi usahawan dan 232 Wajib Pajak orang pribadi karyawan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa: I) variabel pengetahuan Wajib Pajak,kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran Wajib Pajak sedangkan pemeriksaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran Wajib Pajak; 2)pengetahuan Wajib Pajak, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak sedangkan pemeriksaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak; dan 3) pengetahuan Wajib Pajak, kualitas pelayanan melalui kesadaran Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak sedangkan pemeriksaan melalui kesadaran Wajib Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43907.pdf |
Uncontrolled Keywords: | compliance, mvareness. tax knowledge, service quality, tax audit, kepatuhan, kesadaran, pengetahuan pajak, kualitas pelayanan,pemeriksaan pajak |
Subjects: | 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen SDM |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 08:14 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 01:45 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8820 |
Actions (login required)
View Item |