Usman, (2013) Analisis Manajemen Sekolah (Studi Pada SMP Terbuka 1 Ampenan Kota Mataram). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41417.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan manajemen sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen sekolah di SMP Terbuka 1 Ampenan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan veriftkasi. Sebagai kesimpulan, penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama Pelaksanaan Manajemen Sekolah di SMP Terbuka 1 Ampenan meliputi: (1) Perencanaan Sekolah terbatas pada komponen: kurikulum, kesiswaan, hubungan sekolah dengan masyarakat, personalia, sarana dan prasarana, dan keuangan. Adapun pelaksanaannya melalui: Pertama, Melibatkan semua pihak (Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Guru dan Staf Tata Usaha) dalam menyusun program sekolah, dan Kedua, Dalam penyusunan program sekolahnya menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat. (2) Pengorganisasian terbatas -pada komponen: kurikulum dan personalia. Adapun pelaksanaannya melalui: Pembentukan Struktur Organisasi Sekolah dan Pembagian Tugas Yang Jelas. (3) Pelaksanaan program sekolah terbatas pada komponen: kurikulum, kesiswaan, personalia, sarana dan prasarana, dan keuangan. Adapun pelaksanaannya melalui: Pertama, Memberikan motivasi kepada para guru dalam pelaksanaan program sekolah, Kedua, Memberikan pengarahan kepada para guru secara berkelanjutan, dan Ketiga, Pemanfaatan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah, dalam rangka peningkatan mutu belajar siswa. ( 4) Pengawasan terbatas pada komponen: personalia, kesiswaan, dan keuangan. Adapun pelaksanaannya melalui: Pertama, Menentukan indikator pengawasan program sekolah dan melakukan tindak lanjut terhadap penyimpangan program yang telah ditentukan, dan Kedua, Pelaksanaan pengawasan dilaksanakan secara berkelanjutan. Kedua, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Manajemen Sekolah di SMP Terbuka 1 Ampenan Kota Mataram meliputi: (1) Kurangnya tenaga pendidik (guru), (2) Pendanaan sekolah yang sangat minim, dan (3) Sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai. Disarankan kepada: (1) Bagi SMP Terbuka 1 Ampenan dan SMP Terbuka pada umumnya agar secara terus-menerus meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. (2) Kepada pemerintah dan Masyarakat Mataram pada umumnya untuk menyediakan anggaran pendidikan dan agar dapat lebih intensif melakukan pengawasan. (3) Para peneliti lainnya agar menjadi acuan dan pedoman untuk mengungkap lebih mendalam dan spesifik tentang pelaksanaan manajemen sekolah dengan rumusan masalah yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41417.pdf |
Uncontrolled Keywords: | school of management, manajemen sekolah |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration (Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 04:44 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |