Kecerdasan Emosional, Semangat Kerja Dan Lingkungan Kerja Sebagai Prediktor Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja

Yeni, Fitri (2012) Kecerdasan Emosional, Semangat Kerja Dan Lingkungan Kerja Sebagai Prediktor Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40780.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kecerdasan emosional, semangat kerja, dan lingkungan kerja sebagai predictor terhadap kepuasan kinerja guru melalui kepuasan kerja. Kinerja guru sangat membantu sekolah dalam meraih tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa penelitian yang telah dilakukan berusaha melakukan kajian tentang pengaruh kecerdasan emosional, semangat kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Sayangnya penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang berbeda-beda, sehingga perlu adanya penelitian yang kembali mengkaji tentang kecerdasan emosional, semangat kerja dan Lingkungan kerja sebagai predictor terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja Penelitian ini mencoba untuk menguji beberapa faktor yang secara teoritis diduga sebagai prediktor terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru, yaitu kecerdasan emosional, semangat kerja dan lingkungan kerja (1) Kecerdasan emosional sebagai predictor terhadap kepuasaan kerja (2) Kecerdasan emosional sebagai predictor terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja (3) Semangat kerja sebagai predictor terhadap kepuasan kerja (4) Semangat kerja sebagai prediktor terhadap kinerja Guru melalui kepuasan kerja(5) Lingkungan kerja tsebagai predictor terhadap kepuasan kerja (6) Lingkungan kerja sebagai predictor terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja.(7) Kepuasan kerja sebagai predictor terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di Batam. Terdapat 119 responden yang telah dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa random sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan emosional negatif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja, semangat kerja negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, semangat kerja positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja, lingkungan kerja negative dan signifikan terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja dan kepuasan kerja positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Bertitik tolak dari hasil temuan penelitian tersebut, peneliti berusaha untuk memberikan kontribusi pemikiran yaitu untuk meningkatkan kinerja guru di Batam maka perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan kecerdasan emosional, semangat kerja dan lingkungan kerja sehingga guru akan puas dalam bekerja. Membuat kepuasan kerja dengan mengupayakan agar guru selalu meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya, guru selalu meningkatkan ketrampilan yang dimilikinya, mengupayakan adanya promosi bagi guru yang menunjukkan prestasi yang baik serta mengupayakan adanya peningkatan dalam golongan maupun jabatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40780.pdf
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Semangat Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja Guru, Emotional Intelligence, Morale, Work Environment, Employee Satisfaction, And Teacher Performance
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:48
Last Modified: 04 Aug 2016 04:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item