Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Fittri, (2009) Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41254.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dengan makin berkembangnya dunia bisnis yang didukung oleh perkembangan dari pasar modal, maka saham telah menjadi suatu alternatif yang menarik bagi investor untuk dijadikan sebagai objek investasi. Dalam kegiatan analisis dan memilih saham, para investor memerlukan informasi-informasi yang reIevan dan memadai melalui laporan keuangan perusahaan. Penilaian saham secara akurat bisa meminimalkan risiko sekaligus membantu investor mendapatkan keuntungan wajar, mengingat investasi saham di pasar modal merupakan jenis investasi yang cukup berisiko tinggi meskipun menjanjikan keuntungan relative besar. Maksud dari penilaian itu sendiri adalah untuk memberikan estimasi mengenai tingkat pengembalian (return) dan tingkat risiko bagi investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor fundamental perusahaan yang dinyatakan dalam ROE, PER, DER, EPS, PBV dan NPM mempunyai pengaruh terhadap return saham dengan target populasi sebanyak 52 perusahaan manufaktur yang diambil datanya selama 6 tahun, yaitu tahun 2003-2008. Model analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t pada tingkat kepercayaan 95% (0,05). Hasil analisis menunjukkan persamaan regresi terbukti nyata, dengan kata lain model dapat menerangkan hubungan antara variabel independen ROE, PER, DER, EPS, PBV dan NPM terhadap variabel return saham dengan baik dan secara parsial yang signifikan berpengaruh terhadap return saham adalah variabel ROE, DER, PBV, dan NPM, sedangkan yang tidak signifikan berpengaruh terhadap return saham adalah variabel PER dan EPS. Koefisien determinasi 0.302 artinya sebesar 30,2 % variasi return saham bisa dijelaskan oleh variasi dari ke enam variabel bebas yaitu ROE, PER, DER, EPS, PBV dan NPM, sedangkan sisanya sebesar 69,8% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41254.pdf
Uncontrolled Keywords: return on equity (roe), price earning ratio (per), debt to equity ratio (der), earning per share (eps), price to book value (pbv), net profit margin (npm) and stock return, return on equity (roe), price earning ratio (per), debt to equity ratio (der), earning per share (eps), price to book value (pbv), net profit margin (npm) dan return saham
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.6 Investment (Investasi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:48
Last Modified: 16 Aug 2019 02:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item