Sumarno, Agus (2019) Reformasi Birokrasi Sistem Pemerintahan Untuk Efektivitas Pelayanan Masyarakat Di Kabupaten Kepulauan Meranti (Studi kasus Pelayanan Publik Dinas Perdagangan dan Perindustrian,Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43719.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Reformasi birokrasi merupakan sarana yang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti. Refomasi akan menghasilkan kemajuan ekonomi Kabupaten dan kehidupan masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti reformasi birokrasi dari pemerintahan Kabupaten yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti. Secara khusus,penelitian ini mengambil kasus pelayanan publik pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Sebagai penghasil sagu terbesar di Indonesia, pendapatan dari Perkebunan Sagu merupakan yang mendominasi bagi perekonomian Kabupaten Kepulauan Meranti. Akan tetapi,pada tahun 2017 kontribusi ekspor hanya sebesar 0,03o/o dari total ekspor di Provinsi Riau. Mempertimbangkan masalah ini, penelitian ini membahas masalah dan memberikan saran solusi progresif yang sejalan dengan reformasi birokrasi di Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berfokus pada Business process (tatalaksana),penerapan Standar Operasional Prosedur dan Sistem lnformasi Manajemen (SIM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum reformasi birokrasi belum dilaksanakan secara optimal. Implementasi SOP belum tersusun dengan baik dan penggunaan teknologi informasi yang masih sangat rendah. Permasalahan tersebut disebabkan oleh terbatasnya kualitas sumber daya manusia, aspek geografis,sistem pengarsipan yang tidak teratur dan seringnya jumlah pegawai yang pindah. Selain itu, proses kerja yang belum efektif dan efisien, penurunan alokasi anggaran dan juga faktor kepemimpinan. Salah satu solusi yang disarankan yaitu reformasi birokrasi perlu fokus pada pengembangan layanan masyarakat dengan menggunakan SIM yang terintegrasi dengan layanan web berbasis Android dan SMS Gateway.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43719.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Bureaucratic Reform, Business Process, Management Information System,Business process, Reformasi Birokrasi, Sistem Informasi Manajemen. |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.3 Executive Management of Public Administration (Manajemen Administrasi Negara) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 08:05 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 09:36 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8904 |
Actions (login required)
View Item |