Peran Pemimpin dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Guna Peningkatan Penerimaan Pajak di KPP Pratama Denpasar Barat

Putra, Made Satria Pramanda (2019) Peran Pemimpin dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Guna Peningkatan Penerimaan Pajak di KPP Pratama Denpasar Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43892.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran pemimpin dalam upaya optimalisasi pelayanan guna peningkatan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran pemimpin dalam upaya optimalisasi pelayanan untuk peningkatan penerimaan pajak di KPP Pratama Denpasar Barat, (2) menganalisis faktor-faktor pendorong upaya optimalisasi pelayanan guna peningkatan penerimaan pajak, dan (3) menganalisis faktor-faktor penghambat upaya optimalisasi pelayanan guna peningkatan penerimaan pajak dan menyusun strategi yang seharusnya diterapkan untuk menurunkan faktor penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menerapkan triangulasi sumber. Dalam rangka pembentukan sampel pada penelitian ini, dipergunakan non probability sampling Sehubungan dalam non probability sampling terdiri dari beberapa teknik atau pendekatan, maka dalam pembentukan sampel pada penelitian ini dipilih teknik purposive sampling Penelitian ini mengambillokasi di KPP Pratama Denpasar Barat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemimpin dalam upaya optimalisasi pelayanan guna peningkatan penerimaan pajak di KPP Pratama Denpasar Barat adalah pemain sebagai pemimpin sebagai ( 1) lnovator, (2) Inisiator, (2) Mediator dan (4) Fasilitator. Sementara itu, faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam upaya optimalisasi pelayanan guna peningkatan penerimaan pajak di KPP Pratama Denpasar Barat terbagi menjadi faktor ekstemal dan faktor internal. Untuk itu, kemudian dirumuskan strategi untuk menurunkan faktor-faktor penghambat tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/43892.pdf
Uncontrolled Keywords: Role of Leaders, Services, Tax Revenue, Peran Pemimpin, Pelayanan, Penerimaan Pajak.
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:29
Last Modified: 09 Feb 2021 08:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8933

Actions (login required)

View Item View Item