Liap, Andre Ludya (2010) Analisis Strategi Samudra Biru Pemasaran Produk Metro-Net Berbasis Serat Optik pada PT Supra Primatama Nusantara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40860.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini mengetengahkan judul analisis strategi samudra biru pada pemasaran produk Metro-Net di PT Supra Primatama Nusantara (Biznet) sebagai perusahaan penyelenggara jasa akses internet (PJI) di Jakarta. Teori dan konsep yang mejadi landasan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor strategi samudra biru yang menekankan pada inovasi nilai dari transformasi produk secara bersama untuk mendapatkan inovasi nilai baru yang istimewa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui observasi partisipatif, dokumentasi dan studi kepustakaan. Pengelolaan data dengan analisis data triangulasi, dilaksanakan selama dan setelah semua data terkumpul. Perusahaan Biznet berhasil memenangkan persaingan dengan menciptakan lompatan nilai melalui inovasi nilai, pelopor pasar, dan membidik pasar diluar kelompok industri PJI dan harga yang terjangkau konsumen. Biznet menggabungkan inovasi nilai manfaat dari inovasi, harga dan biaya secara bersama agar posisi perusahaan Biznet dapat melaju di samudra biru. Persaingan usaha Biznet menjadi tidak relevan karena ruang pasar baru yang diciptakan belum dimasuki pesaing. Peneliti melakukan analisis triangulasi data dengan faktor-faktor Strategi Samudra Biru. Perusahaan Biznet menggunakan prinsip-prinsip pemasaran yang terdapat dalam strategi samudra biru, sehingga perusahaan memungkinkan menjauh dari kompetisi dan membuka ruang pasar yang belum ada pesaingnya. Mulai dari menghapuskan pelayanan jasa internet akses nir-kabel, tidak ada layanan dial-up (secara umum diberikan oleh penyelenggara jasa internet yang telah ada sebelumnya). Membuka pasar baru dengan menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi. Hambatan eksternal perusahaan Biznet berupa jaringan kabel tembaga atau jaringan nir-kabel sudah tidak menjadi tergantung dari penyelenggara lain dan produk yang dihasilkan berupa Metro-Net juga berhasil di serap oleh pasar yang baru diciptakan oleh Biznet.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40860.pdf |
Uncontrolled Keywords: | strategi samudra biru, tranformasi, inovasi, pasar baru, layanan internet, serat optik |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 06:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:48 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/896 |
Actions (login required)
View Item |