Kontruksi Kinerja Guru IPS Berdasarkan Standar Kompetensi

Jafar, M. (2019) Kontruksi Kinerja Guru IPS Berdasarkan Standar Kompetensi. Holistik Jurnal Ilmiah Interdisipliner, 8 (2). pp. 1-16. ISSN 9089-6050

[img]
Preview
Text
20-B0022.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam kurikulum nasional, selama ini didominasi oleh hafalan kolektif. Kajian ini membahas pendekatan alternatif dalam mengajarkan mata pelajaran sekolah, yang diterapkan di SMA. Menggunakan model “ways of knowing” Habermas, sebagai bagian dari pendidikan kritis, penelitian dilakukan terhadap pelajaran IPS yang didasarkan pada isu-isu sosial kontemporer sebagaimana dialami para siswa. Hasilnya, siswa mengalami proses emansipasi sepanjang pembelajaran. Emansipasi tersebut memungkinkan siswa menciptakan pengetahuannya sendiri menyangkut isu yang dibahas dengan perspektif historis. Pada dasarnya, keseluruhan proses produksi pengetahuan dengan pendekatan ini berhasil memberdayakan guru maupun siswa.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 20-B0022.pdf
Uncontrolled Keywords: Masalah Kontemporer, Pedagogi Kritis Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Penelitian Emansipatoris.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 May 2020 10:55
Last Modified: 05 May 2020 10:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8974

Actions (login required)

View Item View Item