Peran Guru IPA dan Matematika Sebagai Penggerak Masyarakat Dalam Pemanfaatan Energi Secara Bijak

Mujadi, (2012) Peran Guru IPA dan Matematika Sebagai Penggerak Masyarakat Dalam Pemanfaatan Energi Secara Bijak. In: Seminar Nasional Tahunan Matematika,sains dan teknologi FMIPA UT 2012, 10 SEPTEMBER 2012, UTCC.

[img]
Preview
Text
Peran guru IPA dan Matematika sebagai penggerak masyarakat dalam pemanfataan energy secara bijak.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran guru dalam masyarakat tergantung pada gambaran masyarakat terhadap kedudukan dan status mereka du masyarakat. Kedudukan sosial guru di negara satu dengan negara yang lainnya, dari satu zaman ke zaman perannya berlainan pula. Bagi masyarakat, guru adalah pemimpin yang menjadi panutan atau teladan serta contoh (reference). Hal ini dapat dilihat ucapan para guru di masyarakat yang sangat berfpengaruh terhadap oranglain. Bapak pendidikan indonesia Ki Hajar Dewantoro menggambarkan peran guru sebagai stake holder atau tokoh panutan. Di era modernisasi, globalisasi dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, peran guru di masyarakat sangat penting sebagai penggerak potensi yang dimiliki masyarakat. Salah satu peran yang dituntut dari guru saat ini mampu memotivasi masyarakat agar dapat merinovasi dalam memanffaatkan lingkungan demi kelangsungan dan kelestarian sumber daya alam. Peran itu salah satunya dapat dilakukan oleh guru IPA dan Matematika, karena mereka dianggap lebih mampu andild alam pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya lingkungan melalui teknologi tepat guna. Aliran air sungai, air terjun, angin, dan panas matahari merupakan keragaman sumber daya alam yang perlu dimanfaatkan secara arif dan bijaksana menjadi sumber energi yang ramah lingkungan, ekonomis, dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Secara sederhana, guru IPA dan Matematika dapat memberikan penjelasan tentang konsep, hitungan dan produk berupa fakta, prinsip, terkait teori dan hukum yang berhubungan dengan sumer energi secara ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian mereka dapat berkontibusi langsung tergadap kemnadirian masyarakat dalam memanfaatkan dan melestarikan lingkungan sebagai sumber energi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: guru, sumberdaya alam
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:21
Last Modified: 28 Jul 2020 05:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item