Analisa Pengaruh Aset, Kredit dan Pendapatan Bunga terhadap Laba Bank di Indonesia tahun 2002-2006

Rastito, (2008) Analisa Pengaruh Aset, Kredit dan Pendapatan Bunga terhadap Laba Bank di Indonesia tahun 2002-2006. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41243.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari faktor aset total yang dimiliki bank, kredit yang diberikan bank dan pendapatan bunga bank secara bersama-sama terhadap laba yang diperoleh bank pada industry perbankan di Indonesia serta mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh terhadap laba bank pada kelompok bank (BUMN, BUSN Devisa, BUSN Non Devisa, BPD dan Bank Campuran dan Bank Asing). Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel dari industry perbankan di Indonesia dari tahun 2002-2006 yang laporan keuangannya tersedia secara lengkap dan dipublikasikan oleh situs resmi bank Indonesia. Sampel yang diambil sebanyak 99 bank. Faktor-faktor yang diteliti adalah aset total yang dimiliki bank, kredit yang diberikan bank dan pendapatan bunga bank, kemudian ketiga variabel tersebut kemudian diregresi terhadap faktor laba yang diperoleh masing-masing bank pada tahun berjalan. Hasil regresi tersebut selanjutnya diuji untuk melihat apakah hipotesa yang ada sesuai dengan hasil regresi tersebut. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel aset total yang dimiliki bank, kredit yang diberikan bank dan pendapatan bunga bank secara bersama-sama terhadap laba yang diperoleh industry perbankan. Dari ketiga variabel independent yang diteliti, secara individual, hanya variabel pendapatan bunga yang mempunyai pengaruh yang kuat terhadap laba yang diperoleh bank. Sedangkan variabel lainnya yaitu Aset total yang dimiliki bank dan kredit yang diberikan bank mempunyai pengaruh yang kurang kuat terhadap laba yang diperoleh bank. Variabel yang paling berpengaruh terhadap laba pada perbankan di Indonesia adalah variabel pendapatan bunga. Ketiga variabel independent dari hasil penelitian pada industry perbankan tersebut mampu menjelaskan 87,1 % perubahan laba yangdiperoleh bank itu sendiri sehubungan dengan aktifitas bank sebagai lembaga intermediasi keuangan. Sedangkan sisanya sebesar 12,9 % dijelaskan oleh variabel independent lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41243.pdf
Uncontrolled Keywords: Bank, Total Asset, Credit, Interest Income Earning, Bank, Aset Total, Kredit, Pendapatan Bunga, Laba Bank
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.8 Interest and Discount (Bunga Bank dan Diskon)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:48
Last Modified: 01 Aug 2019 02:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item