Andaso, (2019) Evaluasi Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44145.pdf Download (27MB) | Preview |
Abstract
Pembentukan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan kebijakan Pemerintah dalam rangka memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik yang berkualitas dibidang perizinan dan non perizinan dalam rangka penanaman modal. Evaluasi kinerja penyelenggaraan PTSP merupakan altematif proses pembelajaran untuk melihat keberhasilan dan kekurangan pelaksanaan pelayanan tugas selama ini, sekaligus upaya memperbaiki dalam rangka peningkatan kualitas, perlunya adanya evaluasi untuk mengetahui capaian kinerja dan peningkatan kualitas layanan untuk pelayanan piblik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan sebagai penyelenggara pelayanan ( merujuk pendapat Agus Dwiyanto)dilihat dari dimensi produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Peneliti berupaya menggali informasi kendala-kendala yang mempengaruhi kinerja dan upaya-upaya yang dilakukan ( merujuk pendapat simanjuntak ). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan fakta yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara mendalam dan telaah dokumen. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kinerja DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara rnasih belum optimal, namun pada dimensi responsivitas dan akuntabilitas telah menunjukkan hasil yang lebih baik. Kemampuan manageman dan dukungan organisasi belum memadai, melihat dari permasalahan tersebut perlu adanya peningkatan pelayanan dan komitmen bersama sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan terutama kebijakan insentif bagi aparatur secara proporsonal. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini peningkatan kinerja DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44145.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 07:44 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 07:50 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9147 |
Actions (login required)
View Item |